Senin, 06 Oktober 2014

Apakah Perbedaan Blog Dan website?

Jika kita melihat sekilas hampir tidak ada perbedaan, misal dari jenis bahasa pemrograman, blog dan web tidak ada perbedaan, bahkan berkembangnya CMS yang sering digunakan untuk membuat web justru berawal dari blog jadi kira-kira apa ya? beda antara blog dan web. 
Nge-bikinblog lebih melihat perbedaan tersebut lebih pada aspek berikut :


Alur Komunikasi


Dari segi alur komunikasi blog memiliki alur komunikasi dua arah antara pembaca dan pengelola, bahasa yang diganakan blog pun lebih dinamis. Tetapi tidak untuk web, dari segi alur komunikasi web cenderung lebih formal.
Jadi jika kita lihat dari segi Konten
Blog memiliki alur komunikasi duaarah.
Web meiliki alur komunikasi searah.
Yang sering kita jumpai pada bagian komentar blog justru dibuka bahkan tanpa moderasi. Namun web Justru kadang sengaja ditutup untuk field Komentar.


Konten


Blog memiliki konten yang lebih variatif, karna blog sejak sejarah awalnya dibuat untuk saling berbagi informasi maka blog pun memiliki posisioning tersendiri sebagai sumber informasi yang sangat beragam.
Web lebih cenderung membawa satu informasi seperti brand, produk, profil 


Tampilan Utama


Pada bagian beranda atau home, biasanya web lebih cenderung memberikan informasi secara menyeluruh. Sedangkan blog justru memampilkan informasi-informasi terbaru lebih mirip majalah online.


Jadi menurut Nge-bikinblog perbedaan antar blog dan web yang paling substansial justru pada tiga hal tersebut.


Apakah nama.com adalah web dan nama.blogspot.com adalah blog?

Kadang orang mengkategorikan jika menggunakan domain .com adalah web dan .blogspot.com adalah blog. Domain .com belum tentu web kita harus melihat lagi dari tiga aspek diatas. 
Tapi jika .....blogspot.com udah pasti bukan web. Karena web merupakan sebuah portal yang dirancang dengan formal bahakan dalam penggunaan domain url-nya pun tidak bisa menggunakan  .blogspot.com atau  .wordpress.com dll


Bagus Mana Antara Blog dan Website ????

Antar blog dan website memiliki fungsi yang berbeda, jika kita menginginkan jawaban dari pertanyaan diatas maka jawabanya "Sesuai Kebutuhan dan Sesuai fungsi masing-masing" artinya tidak bisa kita klaim blog lebih bagus atau sebaliknya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar